Cara Belajar Bahasa Inggris yang Efektif

Orang tua mana yang tidak bangga memiliki anak yang cerdas, aktif dan banyak ketrampilan. Salah satunya ketrampilan berbahasa Inggris misalnya. Bahasa Inggris adalah bahasa yang terkait dengan banyak bidang di masa kini; tekhnologi, pendidikan, bisnis, dan hampir semua bidang kehidupan menggunakan bahasa Inggris untuk komunikasinya. Karenanya tidak jarang orang tua yang sengaja mengajarkan bahasa Inggris sejak dini kepada anak-anaknya. Namun itu bukan hal yang mudah, karena kita perlu menerapkan cara belajar bahasa Inggris yang efektif untuk anak.  

Lalu bagaimana cara belajar bahasa Inggris yang efektif untuk anak?
Melalui sebuah artikel yang dikutip di brithishcounchil.org  tentang pembelajaran Bahasa Inggris untuk anak, disana disebutkan bahwa kemampuan berbicara dalam sebuah bahasa pada anak (speaking) biasanya datang secara natural sebelum anak bisa membaca (reading) dan menulis (writing).  Dengan demikian orang tua dan pendidik perlu tahu takaran/ porsi serta waktu yang tepat untuk anak belajar bahasa Inggris. Dan untuk memberikan pelajaran bahasa Inggris yang efektif ada beberapa proses yang bisa dilakukan. Semuanya akan dijelaskan berikut ini.

Silent Period (Waktu Diam)

Diam di sini bukan berarti orang tua sebagai pendidik atau bahkan pendidik sekalipun tidak melakukan apa-apa. Dinamakan ‘silent period’ karena pembelajaran di periode ini dilakukan saat anak masih usia bayi, dimana bayi belajar bahasa aslinya dalam kondisi belum bisa berbicara. Bayi cenderung melihat, mendengar dan berkomunikasi melalui ekspresi muka dan beberapa gerakan, ini adalah caranya berkomunikasi sebelum bisa berbicara nantinya. Kita bisa mengajarinya dengan terus mengajaknya berbicara bahasa Inggris. Lama-kelamaan bayi pun akan terbiasa mendengar banhasa inggris yang biasa kita ucapkan. Meskipun mereka belum benar-banar faham dengan apa yang kita ucapkan, namun itu menjadi awal yang baik untuk mengenalkan bahasa pada anak sedari dini. Eboza.com

Silent periode ini juga biasa diterapkan pada anak yang baru mulai belajar bahasa Inggris. Mereka sebaiknya tidak langsung berbicara atau menulis. Hal awal yang sebaiknya dilakukan pada anak saat mulai belajar bahasa adalah mendengarkan, hanya mendengarkan dan memahami, sebelum nantinya mereka mengucapkan beberapa kata Bhasa Inggris. Jelasnya di sini kita hanya melakukan semacam ‘one-side dialoge’ dimana kita mengucapkan beberapa kalimat bahsa Inggris yang sekiranya bisa dipahami tanpa harus diulang oleh sang anak.

Beginning to Talk (Mulai Berbicara)

Masuk tahap yang kedua, anak dirasa siap untuk mulai berbicara bahasa Inggris. Setelah beberapa waktu melalui tahap pertama, tergantung seberapa intensitas atau program yang kita buat untuk melatih anak berbahasa Inggris.  Saat anak mulai siap mulailah dengan memberikan kosakata yang sederhanya; misalnya seperti tree, dog, cow, car dan lainnya. Kita juga bisa memulainya dengan membuat kalimat sederhana seperti ‘What is that?’, ‘This is my boo’, ‘I can’t’ , ‘Time to go home’, dan percakapan sederhana lainnya.

Di sini anak akan mengingatnya secara perlahan, kapan mereka harus menggunakannya dan berlatih cara pengucapankata yang diajarkan dengan benar. Untuk menambah kemampuan bahasa Inggris anak, kita juga bisa memberinya tugas untuk membuat kata dan kalimat yang sudah diketahuinya ke dalam kalimat atau dialog sederhana. Itu akan membantunya membuat kalimat dengan kata-katanya sendiri kedepannya.

Building up English Language (Mulai menggunakan bahasa Inggris)

Tahap ketiga ini adalah tahapan dimana anak sudah benar-benar mampu membuat prase dari kata-kata yang 
telah diingatnya dan dimasukkan ke dalam kamus pribadinya. Selain itu anak juga sudah mampu menggunakan kosakata bahasa Inggris yang sudah disimpannya itu ke dalam kalimat yang dibuatnya sendiri. Misanya anak tahu kata ‘a dog’, dia mampu mengembangkannya menjadi ‘that is my white dog’, dan banyak contoh lainnya. Pada periode ini anak cenderung sudah matang atau dewasa dalam bahasa Inggris. Dan untuk membuat anak benar-benar menguasai bahasa Inggrisnya dengan baik, keseriusan dan kontinuitas anak dalam menggunakan bahasa Inggris juga harus dijaga dan terus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Kunci dari Cara belajar Bahasa Inggris yang efektif di atas adalah keseriuas dalam mendidik, tidak ada intervensi atau paksaan serta perlahan sesuai porsinya. Cobalah untuk menyimak Contoh Narrative text sebagai pendukung proses belajar anda  Gunakan cara yang terbaik serta efektif yang kita bisa dan biarkan anak yang mengolahnya.**
ads

Tidak ada komentar:

Posting Komentar