Contoh Narrative Text Terbaik 2013

Kumpulan Contoh Narrative Text Terbaik 2013 – Pada tingkat SMP ataupun SMA, materi Narrative Text terus dipelajari. Karena materi ini merupakan materi yang penting, kelak akan berguna jika Anda sudah menempuh dunia yang lebih hebat, seperti dunia kerja. Pelajaran ini tidak akan pernah lepas dari 2 pendidikan tersebut. Biasanya, siswa akan disuruh untuk menceritakan kembali secara lisan di depan kelas Narrative Text ini. Narrative Text adalah sebuah teks yang isinya menceritakan kisah masa lampau. Tujuan Narrative Text adalah untuk menghibur pendengar atau pembaca tentang suatu kisah atau cerita masa lampau yang berkaitan dengan pengalaman nyata, khayalan atau peristiwa-peristiwa yang terdapat permasalahan, namun berakhir dengan penyelesaian.
Kita tahu bahwa Teks Narrative adalah salahsatu materi pelajaran yang diajarkan di sekolah tingkatan SMP ataupun SLTA, dan kita dituntut agar bisa memahami bahkan membuat sebuah teks narrative, namun kita harus mengerti dahulu sebuah unsur-unsur yang ada dalam teks narrative, salahsatunya dengan melihat contoh-contoh text narrative meskipun pendek. Karangan narasi adalah salah satu dari lima jenis karangan yang paling umum ditemui. Pengertian dari kata narasi itu sendiri adalah cerita. Jadi, Narrative Text adalah suatu cerita di mana di dalamnya berisi kejadian atau peristiwa yang memiliki satu alur waktu dan disertai oleh tokoh yang mendapat konflik. Unsur pokok dalam karangan narasi adalah hal tersebut, yaitu tokoh, peristiwa dan konflik. Cerita narasi ditampilkan berdasarkan alur atau plot.

Narrative Text Pendek


Story Of Sangkuriang
Long Time Ago, there was a kingdom in Priangan Land. Lived a happy family. They were a father in form of dog,his name is Tumang, a mother which was called is Dayang Sumbi, and a child which was called Sangkuriang. One day, Dayang Sumbi asked her son to go hunting with his lovely dog, Tumang. After hunting all day, Sangkuriang began desperate and worried because he hunted no deer. Then he thought to shot his own dog. Then he took the dog liver and carried home.
Soon Dayang Sumbi found out that it was not deer lever but Tumang’s, his own dog. So, She was very angry and hit Sangkuriang’s head. In that incident, Sangkuriang got wounded and scar then cast away from their home. Years go bye, Sangkuriang had travel many places and finally arrived at a village. He met a beautiful woman and felt in love with her. When they were discussing their wedding plans, The woman looked at the wound in Sangkuriang’s head. It matched to her son’s wound who had left severall years earlier. Soon she realized that she felt in love with her own son.
She couldn’t marry him but how to say it. Then, she found the way. She needed a lake and a boat for celebrating their wedding day. Sangkuriang had to make them in one night. He built a lake. With a dawn just moment away and the boat was almost complete. Dayang Sumbi had to stop it. Then, she lit up the eastern horizon with flashes of light. It made the cock crowed for a new day. Sangkuriang failed to marry her. She was very angry and kicked the boat. It felt over and became the mountain of Tangkuban Perahu Bandung. Eboza.com

Nah pada dasarnya dan intinya, Kumpulan Contoh Narrative Text Terbaik 2013 itu sendiri terbagi atas 4 bagian, yaitu Orientation, Complication, Resolution dan juga Reorientation.
1. Orientation. Merupakan bagaian awal pada narrtive text, dibagaian ini pada umumnya tokoh tokoh pada cerita narrative text diperkenalkan, selain tokoh, pada bagian ini juga dihelaskan waktu dan tempat terjadinya cerita narrative text tersebut.
2. Complication. Seperti arti sebenarnya, Complication adalah masalah, nah pada bagian ini, merupakan bagian dari Narrative text untuk menceritakan Masalah ataupun Konflik yang ada pada teks
3. Resolution. Resolution merupakan bagian dari narrative text Bahasa Inggris ataupun singkat yang berisi tentang penyelesaian masalah yang terjadi pada tokoh utama dalam teks. Bagian ini dapat berupa akhir yang baik ataupun akhir yang buruk
4. Reorientation Reorientation merupakan akhir dari cerita narrative text yang biasanya memuat tentang akhir kisah / ceritanya, biasanya happy ending atau sad ending.

The Fairy Tulip
Once upon a time, there was a good old woman who lived in a little house. She had a bed in her beautiful striped tulip garden. One night, she was awakened by the sound of sweet singing and babies laughing. The sounds seemed to come from the tulip bed., but she could see nothing.
On the following night she was again awakened by the sweet singing and the babies’ laughing. She arose and walked quietly to the garden. To her surprise, she saw a little fairy mother crooning and rocking athe flower like a cradle. In each cup of the flower lay a little fairy baby playing and laughing. The old woman walked back to her house, and from that time on she never picked the flowers, nor did she allow her neighbours to touch them.

Susunan bagian dari contoh narrative text meliputi awal, bagian tengah dan akhir. Bagian awal sebagai pengantar, biasanya mengenalkan tokoh dan suasana yang terdapat dalam cerita agar pembaca dalam mengerti dan tertarik di Contoh Narrative Text itu sendiri ya kawan. Kemudian, dilanjutkan dengan bagian tengah yang berisi konflik hingga sampai pada klimaks. Diakhiri dengan suasana mereda. Beberapa memberikan penjelasan yang panjang, yang lainnya memberikan penjelasan singkat. Namun, ada pula yang memberikan akhir cerita yang bersifat gantung sehingga pembaca diminta untuk menebak sendiri. Berikut ini diberikan berbagai contoh narrative text.
ads

Tidak ada komentar:

Posting Komentar